PENGUMUMAN UNNES

BERITA UNNES

Sunday, May 17, 2009

Pertannyaan Seputar Pendidikan MORAL

  1. Pancasila dan agama sama-sama mata pelajaran yang berkarakter sebagai pendidikan nilai moral.pertannyaannya: (a) jelaskan apa yang dimaksud dengan pendidikan nilai-moral sebagai "pendidikan untuk menjadi"!, (b) jelaskan keterkaitan antara PKn dengan pendidikan Agama secara gamblang!, (c) jelaskan perbedaan PKn dan pendidikan Agama dalam hal causa materialis!
  2. dengan memahami hubungan dan persamaan dan perbedaan PKn dan pendidikan agama akan menumbuhkan sikap yang proporsional sebagai guru PKn.pertannyaan: (a) jelaskan, bisakah guru PKn sekaligus sebagai guru mengaji disurau?, (b) jelaskan bahwa guru PKn harus netral dalam hal materi?
  3. setiap manusia telah memiliki potensi moral, tetapi masih diberikan pendidikan moral.pertannyaan: (a) mengapa demikian? jelaskan dengan contoh!, (b) apakah sebenarnnya esesnsi pendidikan moral itu?
  4. moral pancasila adalah moral individu, moral bersama, dan moral negara. pertannyaan: (a) jelaskan pengertian moral-moral sebagaimana tersebut diatas?, (b) mengapa moral agama harus dijadikan moral individu WNI? jelaskan!, (c) jelaskan pelaksanaan pendidikan moral dinegara agama!
  5. ajaran moral ditransformasikan kepada generasi berikutnya dengan pendidikan moral dijalur pendidikan formal dan ditransformasikan dengan tradisi budaya berupa dongeng, cerita, tari, tambang, dan legenda.pertannyaan: (a) sebutkan sepuluh contoh ajaran moral yang terdapat dalam tradisi budaya yang dimaksud, jelaskan!, (b) sebagian dari masyarakat ilmiah, komentar apa yang anda berikan terhadap transformasi ajaran moral lewat tradisi budaya dongeng, cerita, tari, tembang, dan legenda?

No comments:

Post a Comment