PENGUMUMAN UNNES

BERITA UNNES

Thursday, March 3, 2011

Artikel Ilmiah

KOMUNIKASI PERSUASIF KAMPANYE CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SEMARANG PERIODE 2010-2014 PADA MEDIA LUAR RUANG (BALIHO DAN SPANDUK) DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG

Wiyanto

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang

Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang Kode Pos (50229)



ABSTRAK

Kampanye pemilu merupakan proses menyampaikan pesan-pesan politik yang salah satu fungsinya memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Setiap kandidat politik berusaha merekrut masa sebanyak-banyaknya melalui pesan-pesan politik yang disampaikan pada saat kampanye. Media luar ruang, seperti spanduk dan baliho yang berukuran kecil sampai yang berukuran besar dan dilengkapi dengan kata-kata yang menarik perhatian, menjadi pilihan setiap pasangan kandidat pilwakot Semarang dan sebagai wujud representati masing-masing pasangan kandidat. Penelitian ini untuk mengetahui tema, isi, dan implikatur dari pesan kampanye calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang periode 2010-2014 pada media luar ruang (baliho dan spanduk) di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotika. Sumber data berupa pesan-pesan yang termuat pada media luar ruang (spanduk dan baliho), data diperoleh dari survei langsung di jalan-jalan raya tempat baliho dan spanduk dipasang pada saat kampanye kandidat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang periode 2010-2014. Hasil penelitian diketahui bahwa tema yang diusung pada kampanye pilwakot Semarang tahun 2010 adalah kapabilitas calon, lingkugan, kesejahteraan, perubahan, harapan, dan persatuan. Isi dari pesan yang ada pada media luar ruang adalah menyangkut program dan pencitraan kandidat. Implikatur yang muncul dari pesan pada media luar ruang berdampak pada kandidat, dan lawan kandidat. Namun, pada intinya pesan yang ada pada media adalah untuk menarik simpati masyarakat yang sebesar-besarnya agar pada waktu pemilihan memilihnya. Sehingga menuntut pemahaman masyarakat untuk mengerti, memahami, dan mengetahui maksud yang tersirat dari setiap pesan yang muncul dan pemilih agar memilih kandidat dengan cerdas.

Kata kunci: Komunikasi persuasif, Kampanye, media, implikatur

No comments:

Post a Comment